Minggu, 25 Januari 2015

CIRI - CIRI MANUSIA

CIRI - CIRI MANUSIA

Pada dasarnya "Manusia" adalah makhluk yang paling sempurna dari mahkluk lainnya,mulai dari segi fisik hingga akal 
ciri - ciri fisik manusia sebagai berikut :
1.Organ tubuhnya lengkap dan terutama otaknya 
        Manusia memiliki organ tubuh yang lengkap di banding makhluk lainnya terutama otak yang yang lebih cerdas dari pada makhluk lainnya.

2.Mengadakan metabolisme atau penyusunan dan pembongkaran zat ,dalam arti ada zat yang masuk      dan ada zat yang keluar
       Manusia memiliki metabolisme tubuh.Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, dapat kita katakana bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya.

Metabolisme Makanan

B.JENIS-JENIS METABOLISME

Metabolisme memiliki dua arah lintasan metabolic, yaitu :
  • Katabolisme yang merupakan penguraian suatu zat menjadi partikel yang lebih kecil untuk dijadikan energy.
  • Anabolisme yang merupakan reaksi untuk merangkai senyawa organic dari molekul molekul tertentu agar dapat diserap oleh tubuh.
      Mausia dapat melakukan pembongkaran zat dengan sendirinya , karena setiap makanan yang masuk ke dalam manusia akan di serap zat zat vitamin yang di perlukan oleh tubuh , lalu makanan itu akan di keluarkan dalam organ pembuagan

3.Memberikan tanggapan rangsangan yang datang dari dalam maupun dari luar tubuh memiliki 
   Kemampuan menanggapi rangsangan pada makhluk hidup disebut iritabilitas. Rangsangan itu dapat berupa rangsangan cahaya, suhu, air, sentuh suara, bau, atau makanan. Rangsangan tersebut merupakan rangasangan dari luar tubuh. Sedangkan rangsangan dari dalam tubuh misalnya ingin buang air karena kantong kemih penuh dengan urin atau rasa lapar karena sudah saatnya Makan.
4.Potensi untuk berkembang
      Manusia mempunyai potensi untuk berkembang karena manusia mempunyai akal dan kemampuan berfikir lebih baik.
perkembangan manusia sudah dapat di lihat dari bayi sampai dewasa , ketika saat kita masih bayi kita hanya dapat mengenali objek yang sedikit dan pola fikirnya pun hanya sebatas itu saja , tetapi dengan seiringnya usia kita dapat mengenali banyak objek , pola berfikir kita pun sudah lebih luas

5.Berinteraksi dengan lingkungan
    Dengan organ tubuh yang sempurna dapat berbicara itu yang menyebabkan Manusia sebagai makhluk sosial , manusia di manapun pasti akan berinteraksi dengan sesama manusia lainya karena sudah kodratnya bahawa manusia adalah makhluk sosial

6.Bergerak
      Manusia dapat bergerak bahkan dari saat manusia lahir pun sudah bergerak ini di sebabkan oleh otak yang dapat menyuruh organ organ untuk bergerak.

Walaupun manusia adalah makhluk yang sempurna , namun manusia sebenarnya adalah mahkluk yang lemas di bandingkan hewan lain
seperti : harimau yang mampu membunuh dengan cakarnya , atau gajah yang mampu mengangkat beban berat.
Tetapi manusia memiliki akal berfikir yang cerdas , karena memiliki akal yang cerdas manusia dapat menciptakan  alat - alat yang mampu mengangkat beban berat dan dapat menciptakan hal hal yang lain lewat kemampuan teknologinya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Tuhan menciptakan manusia dengan bentuk fisik anatomi lengkap dengan akal budi. Hal inilah yang membedakan manusia dengan mkhluk yang lain.Selain itu, manusia juga merupakan makhluk ekonomi karena kehidupan yang dijalani manusia tidak pernah bisa terlepas dari aneka kegiatan ekonomi.

Berikut ini adalah ciri - ciri manusia:

CIRI FENOTATIF

Ciri fenotatif adalah ciri yang nampak secara fisik dan dapat dilihat secara kasat mata. Ciri inilah yang biasanya dijadikan pedoman dalam membedakan satu orang dengan orang yang lain secara umum.
Ciri fenotatif ini dibedakan lagi menjadi 2, yaitu:

1. Ciri fenotatif kualitatif:
Warna kulit
Warna rambut
Bentuk hidung
Bentuk mata
Bentuk dagu
Bentuk biri

2. Ciri fenotatif kuantitatif:
Tinggi badan
Berat badan
Ukuran bentuk kepala (index cephalicua)



CIRI FILOGENETIK

Ciri filogenetik adalah ciri - ciri manusia yang berhubungan dengan hubungan asal - usul antara ras - ras dan perkembangannya. Jadi dengan ciri filogenetik ini bisa ditelusuri nenek moyang dari sorang manusia termasuk semua generasi keturunannya. Biasanya ciri filogenetik ini juga berhubungan dengan ciri fenotatif karena masing - masing ras memiliki ciri fisik tertentu.
Contoh dari ciri filogenetik ini adala:
Keturunan Jawa
Keturunan Eropa


CIRI GENETIK

Ciri genetik manusia ini memperlihatkan garis keturunan darah  yang berasal dari pendahulunya. Bila ciri filogenetik bersifat lebih umum dan lebih luas, maka pada ciri genetik ini  lebih bersifat spesifik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar