Rabu, 22 Juni 2016

MANAJEMEN USAHA KECIL



MANAJEMEN USAHA KECIL
PENGERTIAN MANAJEMEN DAN CIRI- CIRI  DASAR  PROSES MANAJEMEN
·         Pengertian Manajemen
Manajemen berasal dari kata “to manage “ yang berarti mengatur. Mengurus atau mengelola. Banyak definisi yg telah di berikan oleh para ahli istilah manajemen ini. Secara umum , manajemen adalah suatu proses yg terdiri dari rangkaian kegiatan,seperti perencanaan ,pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian/pengawasan,yg di lakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah di tetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya.

·         Ciri-ciri dasar proses manajemen
Dapat di ketahui ciri-ciri dasar proses manajemen , yaitu:
Ø  Adanya Perencanaan
   Perencanaan atau planning adalah pemilihan arah tindakan mengarahkan smber daya yg dimiliki ,melihat masa depan dengan mengembangkan tindakan alternatif, kemudian memperlajari hasil-hasil yg mungkin di capai , dan selanjutnya menentukan arah tindakan yg terbaik.
Ø  Adanya pengorganisasian
Pengorganisasian adalah pengobinasian berbagai macam sumber daya alam yg di milliki menjadi suatu keseluruhan yg berarti serta mecapai hasil secara efektif dan efesien.
Ø  Adanya Pengarahan
Pengarahan merupakan tindakan mengarahkan pekerjaan yg perlu di laksanakan dalam sebuah organisasi
Ø  Adanya pengawasan
Pengawasan meliputi tindakan mengecek dan membandingkan  hasil yg di capai dengan standart-standart yg di telah di gariskan.
Kesimpulan :
 Mahasiswa dapat mendeskripsiskan pengertian manajemen dalam dunia usaha
Dan apa saja yang di lakukan seorang manajer dalam mengatur usahanya agar dapat berjalan dengan yg di harapkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar