MANAJEMEN USAHA KECIL
PENGERTIAN MANAJEMEN DAN
CIRI- CIRI DASAR PROSES MANAJEMEN
·
Pengertian
Manajemen
Manajemen
berasal dari kata “to manage “ yang
berarti mengatur. Mengurus atau mengelola. Banyak definisi yg telah di berikan
oleh para ahli istilah manajemen ini. Secara umum , manajemen adalah suatu
proses yg terdiri dari rangkaian kegiatan,seperti perencanaan
,pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian/pengawasan,yg di lakukan untuk
menentukan dan mencapai tujuan yang telah di tetapkan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya.
·
Ciri-ciri dasar
proses manajemen
Dapat
di ketahui ciri-ciri dasar proses manajemen , yaitu:
Ø Adanya Perencanaan
Perencanaan
atau planning adalah pemilihan arah tindakan mengarahkan smber daya yg dimiliki
,melihat masa depan dengan mengembangkan tindakan alternatif, kemudian
memperlajari hasil-hasil yg mungkin di capai , dan selanjutnya menentukan arah
tindakan yg terbaik.
Ø Adanya pengorganisasian
Pengorganisasian adalah pengobinasian berbagai macam
sumber daya alam yg di milliki menjadi suatu keseluruhan yg berarti serta
mecapai hasil secara efektif dan efesien.
Ø Adanya Pengarahan
Pengarahan
merupakan tindakan mengarahkan pekerjaan yg perlu di laksanakan dalam sebuah
organisasi
Ø Adanya pengawasan
Pengawasan
meliputi tindakan mengecek dan membandingkan
hasil yg di capai dengan standart-standart yg di telah di gariskan.
Kesimpulan
:
Mahasiswa dapat mendeskripsiskan pengertian
manajemen dalam dunia usaha
Dan apa saja yang di lakukan
seorang manajer dalam mengatur usahanya agar dapat berjalan dengan yg di
harapkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar